Official Website|Synthesis Development

. Menu

Sumbang Sampah di Transformation Corner Synthesis

box TTC

Isu pengurangan dan pengolahan sampah perlahan mulai membaik di negara ini seiring dengan regulasi pembelian belanja di supermarket serta beberapa organisasi pemerintah maupun independen yang menjadikan daur ulang sampah sebagai misi utamanya. Salah satu dari organisasi tersebut adalah XSProject yang telah berdiri sejak 2000 di bawah nama Yayasan XSProject Reguna Kreasi yang memiliki visi untuk mereduksi ancaman terhadap lingkungan via solusi desain serta untuk mengurangi angka kemiskinan.

Sejak berdiri XSProject telah mendaur ulang 30,7 ton sampah, memproduksi 57,226 kerajinan tangan dari sampah tersebut, dan menjual 51, 128 produk, dan untuk melakukannya mereka melibatkan sekitar 80-an orang—mayoritas pemulung—untuk mengumpulkan sampah dan mengolahnya kembali menjadi barang yang berguna. Sebesar 5 persen dari pemasukan yang didapat dari penjualan rangkaian produk daur ulang itu akan disalurkan kembali ke para pemulung untuk membantu anak-anak mereka mengenyam pendidikan sekolah sehingga diharapkan dapat memutus lingkaran kemiskinan.

“Tapi XSProject mencoba untuk menggunakan segala jenis ‘sampah’ untuk kami ubah menjadi produk yang berguna,” ujar Retno Hapsari, perwakilan dari XSProject. “Maka timbul ide untuk menggunakan materi vinyl atau billboard, kami berharap bisa menggandeng perusahaan-perusahaan yang punya sampah yang bisa disumbangkan ke XSProject supaya bisa bisa dijadikan produk yang dapat dijual untuk tambah dana membantu anak pemulung.

Tim XPProject jelas memosisikan manusia sebagai solusi dalam mengatasi problem sampah sehingga mereka pun memperdayagunakan para pemulung yang mereka anggap berada di garda depan dalam pengolahan sampah. XSProject akan membeli materi sampah dari mereka yang tak dapat didaur ulang sehingga memberikan mereka sumber pemasukkan baru.

Synthesis Development termasuk salah satu perusahaan yang ikut mendukung aktivitas XSProject tersebut. Kerja sama ini telah terjalin sejak 2015 dengan Synthesis Development menyumbangkan materi flexy atau vinyl dari billboard yang tak terpakai. Untungnya, kedua materi itu ternyata ampuh menghasilkan produk-produk yang lebih tahan lama. “Saya senang sekali Synthesis peduli terhadap lingkungan di dalam menjalankan bisnisnya,” imbuh Retno. “Semoga saja program Synthesis ini memberi inspirasi kepada perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama sehingga kita bisa mengurangi sampah di Jakarta.”

“Semua ini merupakan bagian dari program Creating Shared Value Synthesis,” ujar Teresia Prahesti, Public and Media Relations Manager Synthesis Development. “CSV adalah konsep yang mengharuskan perusahaan memainkan peran ganda untuk menciptakan nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersama-sama, tanpa ada salah satu yang diutamakan atau dikesampingkan.” Kini Anda pun bisa menjadi bagian dari CSV tersebut dengan menyumbangkan sampah flexy atau vinyl dan membawanya ke Transformation Corner yang terdapat di Synthesis Square di Gatot Subroto. Di booth ini Anda juga dapat mengetahui lebih lanjut tentang XS Project dan kegiatan-kegiatan mereka serta informasi general mengenai pengolahan sampah.