Pameran Produk Dekranasda Jaktim Diwarnai Fashion Show Ibu-ibu Pejabat Dan Santunan 40 Anak Yatim

 
Posted on: November 14, 2018

Share the news!

SuaraKarya.id – JAKARTA: Fashion show atau peragaan busana yang dibawakan para isteri pejabat di Jakarta Timur dan pemberian santunan kepada 40 anak yatim oleh Ketua Dekranasda DKI Jakarta Hj Ferry Farhati Baswedan menandai pembukaan Pesona Produk Kreatif Dekranasda Jakarta Timur di Mall Bassura City, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (13/11/2018). Pameran di lantai dasar Mall Bassura itu berlangsung 2 hari sampai Rabu (14/11/2018) yang diikuti   50 peserta pengrajin anggota Dekranasda Jaktim.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta  Hj Ferry Farhati Baswedan mengharapkan ruang publik seperti mall ini hendaknya sering memberikan kesempatan   UMKM berpameran. Dengan demikian ikut mendorong usaha kecil tersebut berkembang.

“Dengan dukungan itu usaha kecil insyaaAllah akan terus berkembang, karena lebih dikenal masyarakat,” kata isteri Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan ini.

Sementara Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengatakan dengan dipamerkannya produk para pengrajin UMKM yang sudah menjadi anggota OK  OCE,  maka produk tersebut  lebih dikenal. Diharapkan para pengrajin dapat menggali ide dan inovasi baru. “Misalnya menggali unsur budaya lokal,” kata Wali Kota.

Namun diingatkan agar  para pelaku industri kreatif tetap menjaga kualitas ketika permintaan secara kuantitas meningkat.

Ketua Dekranasda Jakarta Timur Ny Diah Anwar melaporkan 50 pengrajin tersebut merupakan hasil kurasi dari 134 pengrajin di Jakarta Timur.

Jadi yang boleh ikut pameran di Mall Bassura adalah para pengrajin yang mendapat grade A dengan produk yang layak dipasarkan di mall dan hotel hotel.

Harapan senada diungkapkan oleh pimpinan Synthesis Management Mall Bassura, Sofian Sembiring.

Mengenai fashion show,  terlihat tampil paling awal  Ketua TP PKK Kecamatan Jatinegara Ny Meidiati Nasrudin Abu Bakar dan Ketua TP PKK Kecamatan Pasar Rebo Ny Zakiyah P Ritonga membawakan busana kreasi baru. Kemudian disusul isteri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ny Syofian  Thahir dan isteri Asisten Administrasi dan Kesra Jakarta Timur Ny Ari Sonjaya.

Camat Jatibegara Nasrudin Abu Bakar khusus mendekati panggung untuk merekam isterinya bergaya di depan hadirin. Berbeda dengan Camat Pasar Rebo Panangaran Ritonga yang malu malu dari tempat duduknya  merekam gaya Ny Zakiyah Ritonga di atas panggung.

Sebelum acara dimulai sebanyak 40 anak yatim dari Yayasan Latansa Salafi Jatinegara bersama Ny Diah Anwar selaku Ketua Dekranasda Kota dan Ketua TP PKK Jakarta Timur makan bersama di lantai 2 dengan Kepala  BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara.

Dwi Busara menjelaskan sekalipun secara seremonial hanya 10 anak yatim yang diberi santunan, namun  sebenarnya semuanya 40 anak yatim yang disantuni dengan dana Badan Amil Zakat, Infaq san Shadaqoh (BAZIS) Jaktim. Tiap anak mendapat Rp 1 juta.

Didampingi pimpinan Yayasan Latansa Salafi  Ustadz Syamsudin, seorang anak penerima santunan bernama Farhan (10) menuturkan uangnya ditabung dulu. Begitu pula dengan Amelia klas 4 SDN Kampung Melayu 01 juga uangnya ditabung.

“Nanti kalau perlu baru diambil,” kata Hamidah, ibu kandung Amelia sambil menyatakan terimakasih kepada BAZIS.

Dalam peninjauan keliling tampak Ny Ferry Farhati Baswedan berdialog dengan pengrajin maupun pemilik UKM.

Ada yang menarik berbagai benda fungsional seperti kotak tissue, tempat buah dll, terbuat dari anyaman kertas daur ulang yang divernis. Juga berbagai tas dan busana hasil kreasi para pelaku UMKM  dipamerkan.

Hiburan musik dan tari Betawi disuguhkan para pelaku seni di bawah pembinaan Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur.  ***

 

 

Sumber : http://www.suarakarya.id/detail/81705/Pameran-Produk-Dekranasda-Jaktim-Diwarnai-Fashion-Show-Ibu-ibu-Pejabat-Dan-Santunan-40-Anak-Yatim

Share the news!


Tags:

Related Posts