Era Industri 4.0 Melalui Smart Home

 
Posted on: February 28, 2020

Share the news!

Era industri 4.0 membuat inovasi teknologi terus berkembang. Kondisi demikian, memaksa masyarakat beralih teknologi dari manual ke segala hal yang serba digital. Dengan begitu, memasuki era digital kini diterapkan pula suatu teknologi yang mengusung konsep smart home.

Sebenarnya apakah smart home itu? Dilansir dari howtogeek sebenarnya tidak ada definisi khusus untuk smart home. Namun lebih merujuk pada sebuah rumah yang memiliki teknologi untuk menghubungkan segala perangkat dengan internet dan semuanya saling terkoneksi. Hal ini membuat seseorang dapat mengendalikan segala perabotannya hanya lewat gadget mereka.

Smart home merupakan sebuah sistem berbantuan kombinasi software dan hardware yang akan memberikan segala kenyamanan, keselamatan, keamanan dan penghematan energi, yang berlangsung secara otomatis dan terprogram, di rumah tinggal Anda. Sistem smart home dapat digunakan untuk mengendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan di rumah Anda, mulai dari pengaturan tata lampu hingga ke berbagai alat-alat rumah tangga, yang perintahnya dapat dilakukan dengan menggunakan suara, sensor, sidik jari, atau melalui kendali jarak jauh dengan smart phone.

Smart home juga telah dicoba di berbagai negara yang telah mempunyai teknologi tinggi. Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengaplikasikan sebuah perabotan yang sudah terintegrasi dengan baik.

Selain efesien, teknologi smart home sendiri dinilai memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengguna. Mengingat sistem pengendaliannya cukup dioperasikan dari jarak jauh selama masih tersambung dengan jaringan internet.

 

Share the news!


Tags:

Related Posts