Perlunya Menjaga Kesehatan Mental Di Masa Pandemi

 
Posted on: October 9, 2020

Share the news!

Virus corona telah memicu ketidakpastian di penjuru dunia dan pemberitaan mengenai wabah ini rasanya tak kunjung mereda. Kepanikan dan ketidakpastian terus dirasakan masyarakat.

Ternyata semua ini dapat memengaruhi kesehatan mental, terutama bagi mereka yang sudah memiliki masalah mental bawaan seperti gangguan kecemasan atau gangguan obsesif kompulsif (OCD).

Seperti yang dijelaskan oleh Nicky Lidbetter dari lembaga amal Anxiety UK, kecemasan karena ketidakberdayaan dan kegagalan untuk menoleransi ketidakpastian merupakan ciri-ciri khas pada banyak kasus gangguan kecemasan.

Jadi dapat dipahami jika banyak individu yang sudah memiliki gangguan kecemasan akan merasa makin tertekan di masa seperti ini.

Pada Maret lalu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau agar setiap orang perlu menjaga kesehatan mental untuk menghindari keluhan fisik yang muncul akibat stres. Karena, ketika seseorang stres, maka sistem imun dalam tubuh akan berkurang. Ini akan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

Menjaga Kesehatan mental dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yakni ‘Self care’. Sederhananya adalah self care merupakan kegiatan yang bisa menambah dan meningkatkan energi di dalam dirimu supaya dapat berfungsi dengan baik secara fisik dan mental. Memperhatikan self care dengan baik dapat meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan dirimu karena self care itu bagian dari self love.

Meskipun terlihat sepele, self care sendiri penting untuk dilakukan karena hal ini dapat membantu individu untuk lebih menghargai diri sendiri setelah berjam-jam berkegiatan. Dengan melakukan segala aktivitas yang dapat meningkatkan kebahagiaan dan kenyamanan diri sendiri. Self care juga mampu mengurangi segala macam penyakit mental seperti depresi, stress atau kecemasan berlebih yang jika diabaikan akan semakin mempercepat laju hidup seseorang.

Lalu bagaimana kita dapat menjaga kesehatan mental?

  1. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Perhatikan lingkungan tempat tinggal Anda sekarang mulai dari kebersihan hingga orang disekitarnya. Tempat tinggal merupakan cerminan diri, biasakan untuk selalu menjaga kebersihan di dalamnya agar suasana berat diluar rumah bisa terobati dengan suasana nyaman di dalam rumah. Perhatikan orang disekitar lingkungan Anda, bertemanlah dengan siapa saja tetapi jauhi orang-orang yang tidak suportif karena itu akan menurunkan tingkat self care Anda.

  1. Menjaga Komunikasi dengan Orang Terdekat

Dengan kondisi harus menerapkan physical distancing dan mengurangi keluar rumah seperti saat ini, Anda harus menjaga komunikasi dengan orang terdekat yaitu keluarga, terlebih orang tua dan teman-teman dekat karena merekalah yang senantiasa selalu memberi dukungan.

  1. Manajemen Stress

Mulailah untuk bisa mengontrol diri dengan melakukan manajemen stress. Hal ini akan sangat penting untuk meningkatkan self care didalam diri. Manajemen stress ini bisa dilakukan dengan cara menuliskan segala keresahan atau kesedihan, mendengarkan lagu, bercerita dengan orang yang tepat, dan melakukan kegiatan yang Anda sukai. Terakhir yaitu jangan lupa untuk selalu berdoa dan bersyukur.

  1. Memenuhi Keseimbangan Fisik

Keseimbangan fisik disini seperti memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, memperhatikan waktu istirahat dengan mengusahakan agar selalu istirahat cukup dan imbangi kesibukan Anda dengan berolahraga.

  1. Meluangkan Waktu untuk Sendiri

Cobalah mulai sekarang luangkan waktu untuk melakukan semuanya sendiri. Bisa dimulai dengan membaca buku, menonton film favoritmu, berolahrga, jalan-jalan, dan lainnya tanpa mengajak orang lain, kemudian rasakan ketenangannya. Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk perdebatan dan persetujuan karena Anda bisa lakukan semuanya sendiri, kontrol penuh ada pada diri Anda. Hal ini salah satu cara agar lebih bisa mengenal dan mencintai diri Anda sendiri.

Share the news!


Tags:

Related Posts