Vertical Garden di Jalan Utama Gatot Subroto

 
Posted on: May 6, 2020

Share the news!

Bagi Anda yang sering beraktifitas di sekitar CBD (Central Business Dictrict) kota Jakarta, mungkin pernah melewati jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Persis di samping halte TransJakarta-Pancoran Barat terdapat gedung dengan desain vertical garden yang cukup menarik perhatian diantara gedung-gedung perkantoran dan jalan tol disekitarnya.

Ya, gedung dengan desain vertical garden ini adalah salah satu gedung milik Synthesis Development yang berada didalam komplek perkantoran Synthesis Square. Didalam komplek ini juga terdapat gedung kantor, restoran ternama dan akan berdiri pula sebuah tower apartemen. Selain terlihat sangat asri, gedung dengan desain vertical garden juga memiliki banyak manfaatnya, lho. Kita simak penjelasannya berikut ini.

Vertical garden atau taman vertikal itu sendiri adalah taman yang dibuat secara tegak ke atas (vertikal) yang menjadi alternatif untuk mengatasi keterbatasan lahan. Keberadaannya menggabungkan fungsi penghijauan kota dengan sentuhan seni visual.

Ketika taman biasanya dibuat secara horizontal di atas permukaan tanah, taman yang satu ini dibuat di dinding rumah atau bangunan sehingga sering juga disebut sebagai taman dinding, vertical landscape, green wall, atau living wall.

Berikut ini akan dijelaskan beragam manfaat dari taman vertikal.

  • Manfaat dari taman vertikal yang paling utama adalah menghadirkan penghijauan di lingkungan sekitar.
  • Melindungi eksterior bangunan, karena tanaman yang dipasang vertikal dapat menghindarkan dinding dari paparan sinar matahari. Serta menjaga cat tembok lebih awet.
  • Menyediakan udara bersih, karena tanaman mampu menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen. Adanya oksigen dari tanaman inilah yang bisa membuat udara sekitar terasa sejuk.
  • Menghemat penggunaan lahan, sehingga space yang ada dapat dimaksimalkan fungsinya. Bebas memelihara berapa banyak tanaman untuk mempersejuk tanpa repot memikirkan luas lahan.
  • Taman vertikal ini mampu menyerap polusi yang berasal dari luar seperti asap kendaraan.
  • Sebagai pelindung panas matahari. Taman vertikal yang berada di ruang terbuka dapat dibuat setinggi mungkin dan di gunakan sebagai pelindung sinar matahari yang berlebihan.
  • Menyaring intensitas sinar matahari

Saat ini, kaum Urban sudah mulai sadar akan kebutuhan mereka terhadap suasana hijau. Aktivitas di kota yang padat cenderung membuat kita jenuh. Mengikuti sifat alami manusia pasti ingin melihat alam yang indah hijau dan asri.

Keberadaan tanaman hijau bisa menciptakan atmosfer yang tenang dan nyaman yang menjadi media relaksasi dari berbagai aktivitas yang padat.

Share the news!


Tags:

Related Posts