Kontribusi Synthesis Development untuk Lingkungan

 
Posted on: May 24, 2021

Share the news!

Menciptakan sinergi dengan lingkungan adalah salah satu misi dari Synthesis Development. Hal ini diwujudkan dalam perencanaan pembuatan berbagai proyek properti. Maka tak heran jika Synthesis Development selalu mendedikasikan sebagian rancangan dalam karya-karya propertinya untuk menjaga keberlanjutan alam. Dari pembuatan area terbuka hijau, terintegrasi dengan sistem transportasi publik, hingga aplikasi sistem smart home.

Di samping itu, Synthesis Development juga memegang komitmen untuk terus mengampanyekan gaya hidup hijau dan berkelanjutan alias sustainable living. Berbagai program dan kampanye ramah lingkungan pun diinisiasi, di antaranya:

Synthesis Book Drop Box

Ini merupakan salah satu wujud dari kampanye Empowering Our Nation yang digagas sejak 2015. Synthesis Book Drop Box adalah salah satu wujud berbagi kasih Synthesis Development dengan tujuan mengajak anak-anak Indonesia untuk gemar membaca. Buku-buku yang terkumpul disalurkan ke sejumlah taman bacaan di berbagai daerah di Indonesia.

Vinyl Trash Transformation

Bersama dengan sejumlah lembaga, salah satunya XSProject, Synthesis Development menginisiasi kegiatan mengelola limbah bahan promosi billboard dengan metode 4R (reuse, reduce, recycle, recovery). Limbah ini dilakukan upcycling (diolah menjadi lebih bernilai) menjadi produk seperti tas, dompet, tempat pensil dan lain-lain. Sebanyak 5% hasil penjualan produk tersebut digunakan untuk mendukung pendidikan anak-anak pemulung melalui Dana Beasiswa dan Dana Kesehatan.

Precious Corporate Gift

Synthesis Development membuat corporate gift dengan memberdayakan sumber lokal, di antaranya:

  • Berkolaborasi dengan Salam Rancage dan Java membuat Indigenous Indonesia Hampers, berisi produk karya petani kecil tersertifikasi dengan kemasan kreasi keranjang dari koran bekas.
  • Membuat bingkisan hari raya berisi kue kering karya anak-anak autisme dan down syndrome dampingan Komunitas Rumah Belajar yang dikemas dalam tas kain batik karya anak-anak tuna rungu dari Yayasan Precious One.

Koran Harapan

Mengajak warga “Kampung Koran” di Tanah Baru Bogor untuk mendaur ulang limbah kertas koran, tabloid, dan majalah bekas menjadi aneka suvenir dan barang kerajinan yang bernilai ekonomi.

 

Program Lain

  • Berpartisipasi dalam aksi Earth Hour dengan lembaga terkait pengolahan sampah untuk program reusable dan budaya penanaman pohon dengan adanya konsep vertikal garden di beberapa bangunan.
  • Meluncurkan kampanye “Using Reusable Straws” pada tahun 2018 dengan memproduksi sedotan pakai ulang yang dikemas dalam pouch kain karya NES by HDK dan dijahit oleh teman-teman disabilitas dampingan Precious One.
  • Membuat program Kawan Komunitas untuk mendukung dan berkolaborasi bersama komunitas lokal dalam menjalankan kegiatannya, antara lain Yayasan Pita Kuning Indonesia, Blogger Perempuan Network, Komunitas Indonesia Berhati (KIB), Katahati Institute, dan Indorunner Indonesia.

Share the news!


Tags:

Related Posts